Isinya tulisan-tulisan dari bahan omongan yang pengin diomongin .... Inget praktikum Sosiologi Pedesaan waktu Tingkat Persiapan Bersama-IPB, kalo bikin laporan harus banyak ngecap, jadi-lah jualan kecap. Jangan anggap terlalu serius dan jangan pula dianggap becanda hahaha ...

loading...
loading...

Pengalaman Memodifikasi Great Corolla



Great Corolla setelah dipasang foglamp

Great Corolla yang saya miliki adalah tipe SE, warna hitam tahun 94. Ketika membelinya 3 tahun lalu, kondisinya memang masih standar. Meskipun demikian, untuk paket audio sudah memakai power sehingga dari sisi audio sudah cukup lumayan, cuma head unit yang terpasang belum bisa untuk memutar DVD dan USB flashdisk. Selain itu, untuk kaki-kaki, sudah terpasang velg Boss 16". Itulah gambaran awal kondisi Greco saya.


Sebenarnya dari awal memiliki, sudah ada niatan untuk mempercantik mobil dengan paket-paket modifikasi yang banyak ditawarkan. Tetapi karena keterbatasan anggaran, akhirnya tertunda terus untuk memodifikasinya.

Meskipun belum tersentuh aspek modifikasi, toh tetap saja Greco tampil menawan. Hal ini karena Greco dari awal memiliki model elegan, interior  mewah, sehingga gak perlu banyak modifikasi lagi. Kalaupun akan dimodifikasi, tersedia banyak pilihan modifikasi dan ketersediaan part modifikasi yang melimpah.

Langkah awal modifikasi adalah saya mengganti head unit, yang semula tidak bisa untuk memutar flash disk dan DVD, diganti dengan head unit JVC KD-DV5506. Selain menggan head unit, juga dibuatkan box baru untuk sub woofer, sehingga lebih  nge-pas di bagasi. Sekalian mengganti head unit, dilakukan juga penyetelan ulang power agar suara yang keluar lebih enak didengar. Saya menyukai suara standar yang tidak menghentak tetapi cukup medium saja.

Ternyata seiring berjalannya waktu dan hasil diskusi, ternyata velg berukuran 16" ternyata cuma enak dipandang saja, karena sedikit mengorbankan kenyamanan dan harga ban profil tipis yang sedikit lebih mahal. Akhirnya velg  pun diganti menjadi ukuran 15". Dengan velg ukuran lebih kecil, otomatis ban pun diganti menjadi ban dengan profil lebih tebal. Penggantian ini, dampaknya sangat terasa, mobil terasa menjadi jauh lebih empuk. Hal ini saya lakukan memang Greco ini akan saya gunakan untuk dipakai harian, sehingga harus berasa lebih empuk dan nyaman.

Ketika masih memakai velg 16"
Setelah memakai velg 15"

Keluhan lain yang nampak mengurangi "kecantikan" Greco adalah headlamp-nya sudah mulai menguning. Dari hasil browsing dan karena sudah survey ke tukang poles yang mahal, akhirnya saya mencoba membersihkan sendiri headlamp-nya. Hanya dengan bahan yang murah : white compound dan silicone glaze, headlamp kembali kinclong. Tahapan membersihkan headlamp yang dikerjakan sendiri dapat dilihat  di Tips Membersihkan Headlamp Mobil.


Headlamp sebelum dibersihkan
Headlamp setelah dibersihkan sendiri

Masih berhubungan dengan lampu depan, saya juga menambahkan foglamp. Selain untuk memperbaiki penampilan, juga berguna untuk menerangi bagian bawah dan samping yang kurang mendapat penerangan yang cukup oleh headlamp.


Penampakan setelah dipasang foglamp


Hal lain yang sifatnya aksesoris yang dipasang adalah gps dan radio vhf (lebih dikenal dengan radio 2 m band atau 2 meteran). Kenapa saya memasang nya ? Karena keduanya menunjang hobi saya yaitu travelling dan memotret. Dengan memasang keduanya selama saya travelling dan memotret ke mana saja saya suka, gak pernah tersesat dan dipastikan selalu ada yang memandu di frekuensi. Selama dapat sinyal satelit gps dan dalam coverage repeater atau gateway eQSO saya selalu dapat terhubung dengan kawan-kawan di ORARI.

Untuk gps saya memakai Super Spring SF410ii HD. Memakai software Navitel dan update peta gratis Indonesia dari Navigasi.net. Dengan update peta yang hampir 2 bulan sekali, membuat saya tidak khawatir melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang belum saya kunjungi sekalipun.

Sedangkan untuk perlengkapan komunikasi di frekuensi radio, saya memasang Icom IC-2100H. Icom IC-2100H cukup memadai untuk berkomunikasi dengan stasiun lain dengan jarak sampai 100 km dengan dukungan antena Diamond M285.

GPS dan radio 2 m band terpasang di mobil

Untuk modifikasi ini, saya lebih menekankan pada fungsionalitas benda yang dipasang, bukan cuma mengejar penampilan saja. Meskipun demikian, sekali waktu juga ingin juga rasanya menambah aksesoris yang sifatnya kosmetik alias mempercantik panampilan Greco, toh banyak sekali tersedia aksesoris di pasaran.

Itulah sedikit gambaran  modifikasi Greco yang saya miliki. Memang masih sangat banyak keinginan modifikasi yang belum terlaksana. Tetapi, dengan kondisi seperti inipun, Greco sudah nampak cukup elegan dan mewah untuk ukuran sedan keluaran tahun 94.


Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba penulisan blog dengan tema Durability of Toyota

*) Semua foto koleksi pribadi, kecuali logo Toyota bersumber dari http://www.toyota.co.id/

12 comments:

Unknown said...

Yang namanya modif pasti deh anggaran mbengkak soalnya batas modifikasi adalah langit alias mau terus. Wilujeng

Unknown said...

Betul Kang, makanya saya gak banyak modifikasi, yg penting fungsi aja hehehe ....

Warungasep said...

Mantap kang.. Joss pisan.. Hehe...

★★★★★

http://warungasep.wordpress.com/

Unknown said...

Terima kasih apresiasinya Kang Asep...
wah klo masalah blog sih, punya Kang Asep lebih jos hehehe ...
Salam

Anonymous said...

top deh, kreatif pisan

Unknown said...

terima kasih apresiasinya ya :D

Unknown said...

gak apa2 keluar uang sedikit, yg penting gaya hehehe ...

Unknown said...

Tks support-nya ya Say ...

Unknown said...

Panduan Wisata Indonesia

Unknown said...

Panduan Wisata Indonesia

Anonymous said...

Gan fog lamp punya jazz ya? Itu pnp ga gan? Ato masih harus modif lagi?

Unknown said...

foglamp jazz bisa pnp Gan