Isinya tulisan-tulisan dari bahan omongan yang pengin diomongin .... Inget praktikum Sosiologi Pedesaan waktu Tingkat Persiapan Bersama-IPB, kalo bikin laporan harus banyak ngecap, jadi-lah jualan kecap. Jangan anggap terlalu serius dan jangan pula dianggap becanda hahaha ...

loading...
loading...

Pengalaman Merawat Great Corolla


Spooring, salah satu perawatan rutin wajib
Saya bersyukur ketika "meminang" Greco kesayangan dari awal masuk ke garasi sampai dengan sekarang gak pernah rewel. Tetapi meskipun gak rewel, tetap saja yang namanya mobil "tua" harus ada perhatian ekstra. Karena jangan sampai kenyamanan berkekendara terganggu oleh adanya kerusakan pada Greco kesayangan di perjalanan.

Ketika baru membelinya, Greco saya masukan ke bengkel untuk diagnosis kemungkinan ada kerusakan yang sifatnya harus segera diperbaiki dan kemungkinan suku cadang yang harus diganti. Hasil diagnonis sementara adalah penyakit klasik, yaitu karet-karet seal udah mulai regas dan rembesan oli di power steering. Diagnosis sangat mudah dilakukan untuk Great Corolla  karena meskipun termasuk kategori mobil yang sudah berumur tetapi sudah terdapat socket diagnostik menggunakan komputer.

Perbaikan pertama ini tidak terlalu memakan biaya besar dan waktu yang lama. Dan saya kira hal yang wajar, untuk mobil yang sudah berumur hampir berumur 20 tahun. Karet seal busi, packing head, dan seal power steering dapat dengan mudah diperoleh di Tasikmalaya.

Sampai pemakaian hampir setahun, bisa dikatakan gak ada keluhan sama sekali. Hanya perawatan rutin tune up dan ganti oli mesin dan transmisi.

Akhirnya, ada juga keluhan berikutnya, yaitu speedometer ternyata jarumnya gak mau naik, hanya manteng aja di kecepatan 20 km/jam meskipun dibawa lari. Tetapi saya beruntung di awal memiliki Greco langsung sign up di situs Great Corolla Club, sehingga ada ruang untuk diskusi keluhan-keluhan Greco. Keluhan speedometer jarumnya yang gak mau naik juga dapat diatasi hanya dengan mengganti 2 buah elco kecil dan speedometer kembali dapat berfungsi normal. Panduan tahapan perbaikan speedometer maupun rpm ada di situs GCC.

Selama hampir 3 tahun memiliki Great Corolla saya tidak merasakan adanya keluhan yang berarti, meskipun mobil hampir setiap hari saya pakai. Terkadang malah dipakai ke rute yang agak ekstrim untuk ukuran sedan. Mulai jelajah menyusuri pantai selatan sampai mendaki punggungan gunung, mulai Gunung Galunggung dan Gunung Sawal.

Service rutin yang biasa dilakukan membuat Greco tetap handal dan nyaman dikendarai. Selain itu, dengan dukungan suku cadang  dan dukungan service resmi dari Toyota yang tersebar di mana-mana akan membuat pemilik Greco tidak merasa khawatir ketika melakukan perjalanan jauh.


Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba penulisan blog dengan tema Durability of Toyota

*) Semua foto koleksi pribadi, kecuali logo Toyota bersumber dari http://www.toyota.co.id/

13 comments:

Unknown said...

Ngiring ngalangkung kang

Mas M said...

oh lomba oleh toyota, ngga ada lomba oleh charade/daihatsu dan mazda yah :D

Unknown said...

Tks udah mampir Kang hehehe ....

Unknown said...

iya nih Om, ditunggu komentar lainnya ya hehehe ...
blog Mas Mul kalo diikutkan lomba kayanya menang deh, traffic-nya bagus hehehe ...

Unknown said...

Bagus lah gak ganggu stabilitas uang belanja hehehe ....

Unknown said...

makanya ajib kan ? hehehe ...

faulhuda said...

mantab braiiii...

Unknown said...

makasih Bray ...

Yoko13 said...

sekarangt harganya berapa ya, mau cari mobil tua nih

Unknown said...

variatif Om ... tgt kondisi, di kisaran 50-120 juta

Unknown said...

Greco emg mantap ya om....saya jg ga ada bosennya pke greco....heehehe

Unknown said...

@Danis : bener Om hehehe ....

Unknown said...

untuk harga sekarang di kisaran 45 - 80 jt om, daerah surabaya dan sekitarnya

asli ngiler banget pengen beli ini mobil cuma masih nabung dulu, moga aja bisa cepet realisasi