Isinya tulisan-tulisan dari bahan omongan yang pengin diomongin .... Inget praktikum Sosiologi Pedesaan waktu Tingkat Persiapan Bersama-IPB, kalo bikin laporan harus banyak ngecap, jadi-lah jualan kecap. Jangan anggap terlalu serius dan jangan pula dianggap becanda hahaha ...

loading...
loading...

Penyebab Pohon di Pinggir Jalan Tumbang


Pohon tumbang di pinggir jalan

Dalam kondisi cuaca yang tidak bersahabat seperti sekarang ini, yang seringkali terjadi hujan besar dengan disertai angin dan kadang hujan es, kadang menimbulkan "masalah" tersendiri terhadap keberadaan pohon di pinggir jalan. Kondisi ini mendorong terjadinya pohon tumbang.


Faktor cuaca atau umur adalah faktor keniscayaan dan tidak bisa diduga, sehingga meskipun petugas sudah berupaya mengecek kondisi pohon di pinggir jalan tetap aja kecolongan ada pohon yang tumbang. Meskipun demikian, menurut pengamatan saya, pada umumnya pohon tumbang itu diawali dengan kerusakan pohon itu. Nah, ketika ada tekanan cuaca sebagai pemicunya akan memudahkan pohon tumbang.

Selain itu, tekanan populasi terhadap pohon juga semakin berat. Saya merasa kecintaan masyarakat terhadap pohon masih sangat rendah. Misalnya, banyak yang masih melakukan tindakan-tindakan "bodoh" seperti :
-memaku pohon; banyak partai/caleg yang memaku baliho dan alat peraga pemilu di pohon, nah jangan pilih partai/caleg yang berlaku bodoh seperti ini; banyak perusahaan yang berlaku tolol dengan memaku iklan di pohon juga.
-melukai pohon; masih banyak warga masyarakat yang dengan tanpa perasaan melukai pohon dengan golok atau menyiram dengan air aki atau oli, nampaknya jelas tujuannya biar pohon itu mati bertahap.
-membakar sampah; di samping itu, kebiasaan buruk sebagian masyarakat dalam memperlakukan sebuah pohon. Misalnya membakar sampah persis di samping batang sebuah pohon besar, supaya lebih mudah menyalakan apinya karena terlindung dari angin.

Hal-hal lain yang nampak seperti ketidaksengajaan "menyakiti" pohon yang masih sering terjadi, sehingga menimbulkan kecacatan pohon yang pada akhirnya mengurangi kekuatan pohon tersebut, seperti :
-batang pohon tertabrak mobil sehingga batang cacat,
-galian di sekitar area akar, bahkan memotong akarnya, biasanya pekerjaan galian kabel,
-vandalisme (merusak) terhadap batang maupun dahan pohon,
-pohon hidupnya mengalami stress, termasuk kebanyakan air waktu kebanjir dan kekeringan pada waktu musim kering dan polusi udara,

Kecacatan yang ditimbulkan oleh hal-hal tersebut tentunya meninggalkan bekas luka dan sulit kembali normal. Pada akhirnya menimbulkan cacat permanen pohon, sehingga mudah tumbang.

Nampaknya perlu ada ahli untuk mengidentifikasi keadaan cacat pohon dan melakukan langkah penyelamatan pohon atau tindakan lainnya, sehingga dapat melindungi orang atau harta benda di sekitar pohon tersebut

Pohon pelindung sepanjang Jalan Laswi-Kota Tasikmalaya. Nyaman, indah dan teduh.

No comments: