Spooring, salah satu perawatan rutin wajib |
Ketika baru membelinya, Greco saya masukan ke bengkel untuk diagnosis kemungkinan ada kerusakan yang sifatnya harus segera diperbaiki dan kemungkinan suku cadang yang harus diganti. Hasil diagnonis sementara adalah penyakit klasik, yaitu karet-karet seal udah mulai regas dan rembesan oli di power steering. Diagnosis sangat mudah dilakukan untuk Great Corolla karena meskipun termasuk kategori mobil yang sudah berumur tetapi sudah terdapat socket diagnostik menggunakan komputer.
Perbaikan pertama ini tidak terlalu memakan biaya besar dan waktu yang lama. Dan saya kira hal yang wajar, untuk mobil yang sudah berumur hampir berumur 20 tahun. Karet seal busi, packing head, dan seal power steering dapat dengan mudah diperoleh di Tasikmalaya.
Sampai pemakaian hampir setahun, bisa dikatakan gak ada keluhan sama sekali. Hanya perawatan rutin tune up dan ganti oli mesin dan transmisi.
Akhirnya, ada juga keluhan berikutnya, yaitu speedometer ternyata jarumnya gak mau naik, hanya manteng aja di kecepatan 20 km/jam meskipun dibawa lari. Tetapi saya beruntung di awal memiliki Greco langsung sign up di situs Great Corolla Club, sehingga ada ruang untuk diskusi keluhan-keluhan Greco. Keluhan speedometer jarumnya yang gak mau naik juga dapat diatasi hanya dengan mengganti 2 buah elco kecil dan speedometer kembali dapat berfungsi normal. Panduan tahapan perbaikan speedometer maupun rpm ada di situs GCC.
Selama hampir 3 tahun memiliki Great Corolla saya tidak merasakan adanya keluhan yang berarti, meskipun mobil hampir setiap hari saya pakai. Terkadang malah dipakai ke rute yang agak ekstrim untuk ukuran sedan. Mulai jelajah menyusuri pantai selatan sampai mendaki punggungan gunung, mulai Gunung Galunggung dan Gunung Sawal.
Service rutin yang biasa dilakukan membuat Greco tetap handal dan nyaman dikendarai. Selain itu, dengan dukungan suku cadang dan dukungan service resmi dari Toyota yang tersebar di mana-mana akan membuat pemilik Greco tidak merasa khawatir ketika melakukan perjalanan jauh.
Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba penulisan blog dengan tema Durability of Toyota
*) Semua foto koleksi pribadi, kecuali logo Toyota bersumber dari http://www.toyota.co.id/
13 comments:
Ngiring ngalangkung kang
oh lomba oleh toyota, ngga ada lomba oleh charade/daihatsu dan mazda yah :D
Tks udah mampir Kang hehehe ....
iya nih Om, ditunggu komentar lainnya ya hehehe ...
blog Mas Mul kalo diikutkan lomba kayanya menang deh, traffic-nya bagus hehehe ...
Bagus lah gak ganggu stabilitas uang belanja hehehe ....
makanya ajib kan ? hehehe ...
mantab braiiii...
makasih Bray ...
sekarangt harganya berapa ya, mau cari mobil tua nih
variatif Om ... tgt kondisi, di kisaran 50-120 juta
Greco emg mantap ya om....saya jg ga ada bosennya pke greco....heehehe
@Danis : bener Om hehehe ....
untuk harga sekarang di kisaran 45 - 80 jt om, daerah surabaya dan sekitarnya
asli ngiler banget pengen beli ini mobil cuma masih nabung dulu, moga aja bisa cepet realisasi
Post a Comment