Isinya tulisan-tulisan dari bahan omongan yang pengin diomongin .... Inget praktikum Sosiologi Pedesaan waktu Tingkat Persiapan Bersama-IPB, kalo bikin laporan harus banyak ngecap, jadi-lah jualan kecap. Jangan anggap terlalu serius dan jangan pula dianggap becanda hahaha ...

loading...
loading...

Ini Penampakan Abu Tebal dari Letusan Gunung Sangiang di Bima

Penampakan letusan Gunung Sangiang. Foto : detik.com
Jakarta - Abu tebal menyelimuti puncak Gunung Sangiang di Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, yang meletus sore ini. Gunung menyemburkan abu vulkanik hingga ketinggian 3.000 meter ke udara.


Letusan terjadi sekitar pukul 15.55 WITA, Jumat (30/5/2014). Sebelumnya pagi tadi sekitar pukul 10.00 WITA terjadi gempa getarannya dirasakan ke Bima yang terletak di pulau yang berbeda yang dipisahkan Laut Flores. Tak urung getaran dirasakan ini sempat membuat warga panik.

Dari kejauhan terlihat abu vulkanik membumbung tinggi. Awan panas mengarah ke kawasan Bima juga ke Flores, Nusa Tenggara Timur.

Salah satu warga yang yang rumahnya terkena dampak gempa mengatakan suara gemuruh sempat membuat warga panik dan mengungsi.

"Saya menghubungi teman-teman saya di Wera, gunung meletus. Memang perlu waktu sekarang untuk mengungsi," kata warga Desa Ncera, Rukmini (24), ketika dihubungi detikcom, Jumat (30/5/2014).

Sementara itu dihubungi terpisah Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) M Hendrasto mengatakan gunung itu merupakan pulau gunung api yang digunakan warga sebagai tempat berladang bukan sebagai tempat hunian.

Saat ini status gunung berada pada level siaga. Warga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di sana hingga kondisi dinyatakan aman.

Sumber :  detik.com

No comments: