Isinya tulisan-tulisan dari bahan omongan yang pengin diomongin .... Inget praktikum Sosiologi Pedesaan waktu Tingkat Persiapan Bersama-IPB, kalo bikin laporan harus banyak ngecap, jadi-lah jualan kecap. Jangan anggap terlalu serius dan jangan pula dianggap becanda hahaha ...

loading...
loading...

(Apa yang Harus Dilakukan ketika Harus ) Berbohong ....

Saya nulis tentang bohong bukan berarti bilang kalo bohong itu boleh lho ya. Tapi berhubung dalam kondisi tertentu terpaksa harus bohong, mesti gimana ? hehehe .... Meskipun gitu, saya gak sepakat dengan istilah bohong putih atau apa lah namanya. Katanya sih bohong putih itu boleh, dalam rangka "menyelamatkan" sesuatu .... Ah yang bener aja ? ....


Saya jadi inget waktu ujian komprehensif skripsi di Fakultas Kehutanan. Dibilang komprehensif ya ...  karena dosen penguji boleh nanya aja tanpa ada batasan. Waktu itu tanya jawab tentang skripsi selama 1 jam sudah  beres, artinya giliran pertanyaan bebas hahaha ....

Dosen : "Sodara Eri, omong-omong, berapa sih produksi kayu Perhutani per tahun ?"
wah, asli waktu itu gak tau, tapi masa bilang gak tau, gak mutu banget deh hahaha, akhirnya berlagak lupa, dan jawab sekenanya, tentunya gak ngasal juga karena saya tetep pake asumsi dan menghitung cepat di otak,

"sekitar x ribu m  kubik Pak", angkanya udah lupa hahaha
Dosen : "ah, yang bener ? masa sih ?" ....
saya merasa ada energi buat berdebat, padahal gak yakin hahaha, lalu saya bilang,
"iya Pak, berdasarkan buku xxxx, disebutkan bahwa produksi kayu Perhutani memang jumlahnya x ribu m kubik per tahun"
Dosen : "kalo menurut referensi saya y m kubik per tahun lho ..."
karena udah kadung bohong, saya harus bertahan dengan kebohongan saya itu hahaha....
"saya kira tahun referensinya berbeda Pak, jadi saya yakin ada perbedaan Pak, kalo perbedaan kurang dari 5 % saya kira wajar Pak" sambil makin deg2an tapi tetep pede aja hahaha ...
Akhirnya, Dosen : "OK, terima kasih "
Yesss .... saya bohong gak ketauan hahaha ....

Moral ceritanya adalah bahwa ketika harus bohong, tetap lah logis dan berhitung akan resiko serta harus konsisten dengan kebohongan itu. Dan yang paling penting adalah bahasa tubuh ketika harus bohong harus meyakinkan.

Ada banyak bahasa tubuh yang diyakini sebagai tanda orang bohong, selain karena pernah baca teorinya juga karena harus banyak berhubungan dengan banyak pembohong tentunya saya harus antisipatif dengan semua kebohongan itu ...

Saya kira tulisan pembuka cukup dulu deh, kalo tertarik dengan trik-trik bohong silahkan tinggalkan komentar, tulisan berikutnya kayaknya tentang bohong menarik deh hahaha .....

1 comment:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.